Selasa, 26 Mei 2009

Ada yang Tertarik Jadi Ahli Statistik?

Jumat, 15 Mei 2009 | 11:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) kembali membuka kesempatan bagi siswa-siswi terbaik lulusan SMA yang bermotivasi tinggi untuk dididik menjadi ahli statistik. Pendaftaran baru dibuka pertengahan bulan depan untuk menyeleksi 300 mahasiswa tahun ajaran 2009/2010.

Dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS), STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV. Visi dan misinya adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang statistik dan komputasi statistik dengan mendidik siswa-siswi sebagai kader yang memiliki kemampuan akademik dan profesional.

Di tempat ini, para mahasiswa bisa mengambil peminatan atau jurusan yang terdiri dari Statistika (Ekonomi dan Sosial Kependudukan) dan Komputasi Statistik. "Di jurusan Statistika para mahasiswa dididik menjadi tenaga ahli statistik ekonomi dan statistik sosial kependudukan, sedangkan di jurusan Komputasi Statistik mereka dipersiapkan sebagai tenaga-tenaga ahli komputasi statistik dan sistem informasi," ujar Rifa Rufiadi Msi, Kepala Bagian Administrasi STIS.

Sebagai pendukung mutu pembelajaran, kurikulum pendidikan di STIS dirancang sesuai perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, manajemen dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajarannya ditekankan pada pengembangan keterampilan di bidang statistik dan komputasi statistik, yang diasuh oleh para pengajar lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri dengan jenjang S2 dan S3.

Dengan demikian, lulusan-lulusan STIS diharapkan mampu menjadi tenaga ahli yang mumpuni dalam merencanakan dan melaksanakan penelitian, membuat berbagai analisis di bidang sosial-ekonomi, serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasinya.

Syarat dan Ketentuan

Tahun lalu, menurut Rifa, jumlah lulusan SMA/Sederajat yang mengikuti seleksi mencapai 12.000 siswa/siswi untuk memperebutkan 300 kursi. "Tahun diperkirakan bisa lebih dari itu, mungkin mencapai tiga belas ribu untuk sekitar 300 kursi," ujar Rifa.

Sebagai syarat utamanya, selain siswa/siswi harus lulusan SMA/Sederajat dari jurusan IPA, nilai mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris pada rapor kelas XII semester I dan II pun harus mencapai angka 7, 0. Pendaftaran mengikuti seleksi tahun ajaran 2009/2010 ini dikenakan biaya sebesar Rp225.000.

Selama kuliah nanti, para mahasiswa akan mendapatkan tunjangan ikatan dinas sesuai aturan pemerintah yang berlaku. Setelah lulus nanti, para mahasiswa mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T.).

Selain gelar, mahasiswa juga langsung diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III A - BPS. Mereka akan ditempatkan di lingkungan BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat Kabupaten/Kota untuk melakukan berbagai kegiatan survey statistik di lapangan.

Tertarik dan punya motivasi tinggi?

Pendaftaran seleksi STIS tahun ini mulai dibuka pada 15 Juni 2009 mendatang. Pendaftaran ditutup pada 17 Juli untuk pendaftar di wilayah Jakarta dan 10 Juli untuk pendaftar dari daerah. Lebih jelasnya, syarat pendaftaran, cara pendaftaran, serta tahapan seleksi bisa dilihat di download brosur PMB 2009 (310KB) atau menghubungi Kampus STIS Jakarta di telepon (021) 8191437/8508812.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar